Bukan Nasi Goreng atau Nasi Padang, Tapi Konsumsi 4 Makanan Ini Saat Alami Kelelahan Otak
Sumber: Grid.id

Health / 18 July 2023

Kalangan Sendiri

Bukan Nasi Goreng atau Nasi Padang, Tapi Konsumsi 4 Makanan Ini Saat Alami Kelelahan Otak

Lori Official Writer
1173

Siapa sih yang kerjanya lembur tapi makannya nasi goreng, mie goreng, nasi padang, pisang goreng dan sejenis makanan karbo lainnya?

Jangan sampai salah kaprah ya! 

Seorang ahli gizi dan nutrisi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menyampaikan kebenarannya. Ternyata selain dengan istirahat, kelelahan otak setelah bekerja seharian juga perlu dipulihkan dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. 

 

Baca Juga: Waspada?! Sakit Kepala Parah Salah Satu Ciri Pendarahan Otak, Yuk Kenali 12 Ciri Lainnya

 

Apa saja makanan tepat yang dimaksud Dr. Rita?

Beberapa diantaranya adalah makanan yang mengandung ekstra asam amino (triptopan) yang akan diubah menjadi serotonin dan serotonin akan bisa memelihara mood setelah bekerja ekstra menggunakan otak. 

“Otak sendiri kalau lelah dia tidak membutuhkan energi ekstra dari karbohidrat ataupun dari lemak dalam jumlah yang besar. Yang dia (otak) butuhkan adalah ekstra asam amino terutama asam amino triptopan,” ungkap Dr. Rita.

Lalu jenis makanan apa yang mengandung triptopan? 

Susu

Susu menjadi salah satu sumber dari asam amino yang berfungsi mengubah triptopan menjadi serotonin serta kalsium yang berguna untuk membawa pesan dari sinyal dari otak ke bagian tubuh lain. Kalsium juga dapat memberikan efek relaksasi pada saraf dan dapat meminimalisir rasa sakit saat terjadi cedera.

 

 

Baca Juga: Tips Biar Kinerja Otak Kamu Tetap Aman dan Kamu Tetap Produktif. Wajib Tahu!

 

Pisang

Pisang adalah makanan yang mengandung kalium yang tinggi.  Fungsinya adalah sebagai stimulan terhadap saraf. Karena saat sedang kelelahan otak pisang menjadi pilihan untuk dikonsumi.

 

Kuning Telur 

Kuning telur menjadi pelengkap dari proses pembentukan serotonin karena mengandung vitamin B2 yang berfungsi untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat.  

Selain asam amino, kalsium dan kalium, kita juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium karena fungsinya untuk mencegah dan mengatasi stress oksidatif pada sel syaraf. Dan magnesium ini sudah terkandung di dalam pisang, kuning telur dan juga susu.

Jadi saat kita bekerja ekstra menggunakan otak sehingga menyebabkan kelelahan, jangan salah pilih makanan! Otak hanya memerlukan pemulihan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, kalium, triptopan dan magnesium. Sementara makanan berat dibutuhkan oleh orang-orang yang bekerja dengan otot dan mengeluarkan lebih banyak energi. 

Halaman :
1

Ikuti Kami